Perdana! Konser SO7 Special Tour 2024 di Kota Medan, Resmi Gunakan REC di Hari Pelanggan Nasional

 




MEDAN | incomenews.id,  PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara resmi menghadirkan listrik hijau secara penuh di konser Sheila On 7 (SO7) Special Tour 2024 yang dilaksanakan di Lapangan Udara Soewondo, Medan, Sumatera Utara. Konser ini menggunakan layanan sertifikat energi terbarukan atau Renewable Energy Certificate (REC) sebesar 105 Mega Watt Hour (MWh).


Kolaborasi penyediaan layanan REC antara PLN UID Sumatera Utara dengan promotor Antara Suara dan Gold Live Indonesia menjadikan konser Sheila On 7 (SO7) Special Tour 2024 perdana di Kota Medan menggunakan layanan REC PLN. Penyerahan REC PLN ini dilakukan setelah konser digelar ,Minggu (15/9/2024).


General Manager PLN UID Sumatera Utara, Saleh Siswanto, menjelaskan bahwa REC merupakan jawaban atas kebutuhan langkah dekarbonisasi, khususnya di sektor pariwisata. Langkah ini merupakan bagian dari upaya mencapai target pengurangan emisi karbon menuju Net Zero Emissions (NZE) pada tahun 2060. 


“PLN mengambil peran dalam menekan emisi dengan mendorong penggunaan energi yang ramah lingkungan,” ucap Saleh.


REC merupakan bentuk layanan PLN untuk memudahkan pelanggan mendapatkan pengakuan internasional atas penggunaan energi baru terbarukan (EBT) yang transparan, akuntabel, dan diakui secara global. Setiap sertifikat REC membuktikan bahwa listrik per megawatt hour (MWh) yang digunakan pelanggan berasal dari pembangkit EBT atau nonfosil.


Saleh juga mengapresiasi promotor Antara Suara dan Gold Live Indonesia yang telah berpartisipasi dalam menggunakan energi bersih. Konser Sheila On 7 (SO7) menjadi konser musik pertama di Kota Medan yang menggunakan 100% energi bersih. 


“Salah satu benefit melalui REC adalah mendapat pengakuan dari dunia internasional telah menggunakan energi terbarukan. Hal tersebut sejalan dengan capaian bauran EBT Sumatera Utara mencapai 43,7 persen sekaligus dapat menjadi stimulus bagi berbagai panitia pelaksana untuk menggunakan energi ramah lingkungan tersebut,” pungkas Saleh.


Saleh menambahkan bahwa penggunaan daya untuk konser Sheila On 7 (SO7) Special Tour 2024 adalah sebesar 105 Mega Watt hour (MWh). Lebih lanjut, Saleh mengatakan konser Sheila On 7 (SO7) Special Tour 2024 dapat menjadi contoh bagi promotor lainnya untuk mengadopsi REC dari PLN sebagai wujud komitmen terhadap penggunaan energi bersih.


Ketua panitia konser Sheila On 7 (SO7) Special Tour 2024, Rastiaka Ratu Dwaraditra, mendukung pelaksanaan konser Sheila On 7 (SO7) untuk menggunakan energi listrik yang lebih bersih. Selain itu, visi misi ini sejalan dengan program pemerintah dalam penurunan emisi. “Konser Sheila On 7 (SO7) Special Tour 2024 telah resmi melakukan pembelian REC sumber listriknya berasal dari EBT. Hal ini bertujuan untuk mewujudkan kawasan pariwisata yang ramah lingkungan serta mendukung program pemerintah dalam penurunan emisi,” tutur Rastiaka. (WM03)